Advertisement

Ukuran Awalnya Hanya 42KB, Namun Jika Diekstrak File ini Akan Menjadi 4500 Terabytes, Berani Coba?

Trik Internet dan Komputer Terbaru - Kompres file diperlukan untuk memadatkan satu file atau lebih agar ruang penyimpanan lebih hemat dan penyimpanan lebih rapi. Tujuan seseorang melakukan kompres file juga karena mungkin ruang penyimpanan yang ia miliki tidak memungkinkan untuk menyimpan sebuah file yang besar. Maka ia melakukan kompres file agar ukuran file menjadi kecil sehingga file tersebut kini dapat disimpan atau sekedar tidak terlalu menghabiskan ruang penyimpanan.


Biasanya ukuran file yang telah dikompres tidak berbeda terlalu jauh dengan file asli yang telah diekstrak. Sebagai contoh, ukuran asli adalah 500MB, kebanyakan dikompres hingga 200MB atau 250MB.

Tahukah Anda kalau ada file berformat zip dengan ukuran kecil yang jika diekstrak maka akan memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari ukuran file sebelumnya. File ini di namakan ZIP BOMB. ukuran file kompresi hanya 42KB dan ketika diekstrak menjadi 4500 Terabytes? Fenomena inilah yang terjadi pada sebuah file arsip bernama 42.zip.

Arsip sebesar 42KB apabila dibongkar akan berlipat ganda hingga ukuran yang sangat tak masuk akal. File ini berisikan 16 file ZIP, yang didalamnya terdapat 16 zip, dengan 16 zip lagi, 16 zip lagi, dan 16 zip yang masing-masing berukuran 4.3GB.

ZIP BOMB dikenal dengan Zip Kematian atau Bom Dekompresi, adalah file yang dirancang untuk membuat crash sebuah program atau sistem yang membacanya. Hal ini sering digunakan untuk menonaktifkan software antivirus. File Zip bomb biasanya memiliki ukuran yang kecil untuk memudahkan pemindahan file tersebut kedalam perangkat lain dan untuk menghindari kecurigaan dari pengguna perangkat tersebut.

Ukuran Awalnya Hanya 42KB, Namun Jika Diekstrak File ini Akan Menjadi 4500 Terabytes, Berani Coba?


Sebuah contoh file Zip bomb adalah file 42.zip yang memiliki ukuran hanya 42 Kilobyte dengan berisikan data terkompresi, jika kita mencoba untuk mengekstrak file tersebut maka akan memiliki ukuran total sekitar 4500 terabyte (4.503.599.626.321.920 byte). File 42.zip itu sendiri saat ini banyak tersedia untuk di download di berbagai situs di internet.

Jika kamu ingin mencoba mengekstrak file Zip ini, kamu dapat men-downloadnya melalui link berikut : www.unforgettable.dk

Namun sebelum kalian mencoba untuk meng-ekstrak file tersebut saya sarankan untuk tidak mencobanya, disimak berikut beberapa faktor yang akan disebabkan oleh Zip Bomb.

  • 42.Zip ini memiliki ukuran total sekitar 4500 terabyte yang mungkin tidak akan cukup jika diekstrak melalui perangkat kita yang memiliki kapasitas rata-rata hanya 1 Terabyte.
  • File yang dirancang untuk membuat crash / sistem menjadi bertabrakan sehingga sistem tersebut tidak dapat merespon perintah dari penggunanya.
  • Terdapat Virus yang dapat menonaktifkan beberapa program seperti Antivirus


Selain ketiga faktor diatas, mungkin masih banyak lagi faktor lainnya yang intinya dapat membuat sistem perangkat menjadi rusak.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Zip Bomb dan file 42.zip yang dapat diibaratkan kecil-kecil cabe rawit dengan ukuran awalnya kecil namun memiliki ukuran dengan kapasitas berjuta kali lipat dari awalnya. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Advertisement