Advertisement

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Mudah baik RAM, CPU, VGA atau GPU

Cara Melihat Spesifikasi Laptop - cara mengetahui detail spesifikasi laptop yang kita gunakan sangatlah mudah, kita bisa melihat ukuran RAM, VGA, Spesifikasi CPU atau Processor, dan juga GPU hanya dengan beberapa langkah sederhana menggunakan tool yang sudah di sediakan windows sendiri , berikut caranya.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Mengetahui dan melihat spesifikasi sebuah komputer maupun laptop sangatlah penting. Ketika kita ingin menginstall sebuah aplikasi atau game, terlebih dahulu kita harus benar-benar memastikan bahwa komputer atau laptop yang  kita miliki mempunyai spesifikasi yang memenuhi untuk menginstall aplikasi atau game tersebut.

Jika kita memaksakan untuk menginstall aplikasi berat tetapi tidak di dukung dengan spesifikasi yang memadai, hal tersebut akan berdampak pada menurunnya kinerja komputer kita.

Bisa juga jika kita ingin tahu detail spesifikasi karena laptop / komputer kita sedang bermasalah. Misalnya saja pada kasus tertentu, komputer kita berbunyi ketika dihidupkan dan tidak mau booting ke Windows. Setelah di cek yang rusak ternyata ada hardware yang rusak, berarti kita harus membeli hardware yang sesuai dengan motherboard kamu. Jadi banyak banget ya manfaatnya jika mengetahui spesifikasi laptop dan PC yang digunakan.

Beberapa laptop memiliki sticker yang sedikit menuliskan detail dari spesifikasi laptop tersebut. Tapi tidak semua laptop seperti itu. Untuk itu berikut ini Trik Komputer akan memberikan cara melihat spesifikasi laptop atau komputer, baik itu dari RAM, CPU atau GPU.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Mudah

Untuk kalian yang menggunakan Windows 10 atau Windows 8.1, kalian cukup pergi ke Settings > System dan klik About. Dari sini kalian akan melihat versi Windows, CPU, dan RAM yang kalian gunakan.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Untuk kalian pengguna Windows XP dan Windows 7, klik kanan pada My Computer dan pilih Properties atau System Properties di Windows XP dan Windows 7.

Dengan cara di atas kamu akan melihat versi Windows, Processor, RAM yang kalian gunakan. Tapi jika kalian menggunakan Windows versi 32-bit, RAM maksimal yang ditampilkan hanya kurang dari 4GB. Jadi kalau kamu memiliki RAM yang lebih dari 4GB, sebaiknya gunakan Windows 64-bit.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Melalui DxDiag

Lalu sekarang kita akan cek spesifikasi VGA atau GPU yang digunakan oleh laptop atau komputer kamu. Perlu kalian ketahui, beberapa laptop biasanya memiliki dua GPU atau VGA, pertama terpasang secara onboard dan yang kedua dedicate GPU atau VGA.

Untuk mengecek GPU atau VGA yang ada di laptop atau komputer kamu, pertama-tama tekan Win+R untuk membuka Windows Run dan ketikkan dxdiag. Setelah window DirectX terbuka, klik tab display dan kamu akan menemukan spesifikasi GPU atau VGA onboard.

Pada tab System kita juga bisa melihat spek yang laptop kita seperti detail yang ada pada menu about system di menu setting di atas

Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Cara Melihat Spesifikasi Laptop (Tab System DxDiag)

Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Cara Melihat Spesifikasi Laptop (Tap Display DxDiag)

Itulah cara simpel yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui spesifikasi laptop atau komputer yang kamu gunakan. Jika ada tips menarik lain silahkan di share di kolom komentar ya. Terima Kasih
Previous
Next Post »
Advertisement