Advertisement

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Seperti Baru

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Seperti Baru

Tips merawat baterai laptop agar tetap seperti baruTips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Seperti Baru - seiring perkembangan jaman, di era modern ini alat-alat elektronik canggih seperti tablet, smartphone dan laptop sudah bukan merupakan barang mewah lagi, melainkan barang-barang kebutuhan dasar yang sudah harus dimiliki setiap orang, khususnya para anak muda dan para eksekutif yang harus selalu melek teknologi dan update informasi atau mengikuti perkembangan berita terkini di seluruh dunia, tentunya kegiatan diatas harus pula di dukung dengan perangkat-perangkat teknologi seperti laptop dan lain-lain yang harus dalam kondisi prima baik hardware maupun software nya, salah satu komponen terpenting yang tidak bisa dipisahkan dari laptop adalah baterai, karena agar kita tetap nyaman ketika menggunakan laptop dimanapun kita berada, tentunya baterai laptop kita harus tetap dalam kondisi prima seperti saat pertama kita membeli nya bukan, tapi kenyataan nya dilapangan sungguh berbanding terbalik dengan keadaan ideal yang seharusnya, yaitu mayoritas keluhan para pengguna laptop adalah soal baterai, baterai yang mudah habis, tidak tahan lama, serta harus terus konek dengan aliran listrik agar bisa digunakan dan masih banyak lagi masalah-masalah lain yang berkaitan dengan baterai laptop.

lalu bagaimana Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Seperti Baru.....?
berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan agar performa dan kondisi baterai laptop kita tetap prima seperti baru.

1. Tips mengecharge Untuk laptop baru
karena laptop baru keadaan baterainya masih kosong, maka langkah yang harus anda lakuka adalah, mengecharge nya lebiha dahulu selama 4-6 jam dalam keadaan mati,, hingga lampu indikator berwarna hijau

2. Lepaskan Baterai laptop jika digunakan dalam waktu lama
yang kedua, jika anda bekerja menggunakan laptop dalam waktu yang lama, seperti main game dalam waktu berhari-hari, maka saya sarankan agar anda melepas baterai laptop anda, agar baterai laptop anda mempunyai umur penggunaan yang lebih lama.

3. Jangan menggunakan laptop saat diCharge
Jika baterai terpasang, charge juga terpasang dalam banyak kasus akan menyebabkan kebocoran pada baterai. Walaupun laptop modern sering memiliki sirkuit yang memastikan baterai tidak digunakan bila charge terpasang, tapi suhu panas juga bisa memperpendek usia baterai. Sebaiknya matikan laptop ketika sedang melakukan charge.

4. Aturlah intensitas cahaya pada layar laptop
aturlah intensitas terangnya cahaya di layar anda, karena jika terlalu terang, maka secara otomatis akan banyak menghabiskan daya pada baterai lalu anda akan lebih sering melakukan charge, secara tidak langsung usia baterai anda akan lebih cepat berkurang

5. Matikan screensaver pada laptop anda
penggunaan screensaver saya rasa tidak begitu penting pada laptop, bahkan banyak sisi negatif dibanding sisi positifnya, jika anda menggunakan screensaver itu sama halnya dengan menonton video terus-menerus selama anda menyalakan laptop, otomatis hal tersebut akan menguras daya baterai laptop

6. Matikan start up yang tidak perlu
start up-start up yang tidak penting dan membebani ram harus anda matikan, karena akan memperlambar proses menghidupkan komputer, sehingga akan mengurangi efisiensi waktu dan juga memakan banyak daya baterai.

7. Gunakan headset ketika memutar lagu atau video
karena penggunaan headset tidak memakan daya baterai secara besar besaran, lain halnya dengan menggunakan speaker apalagi dengan volume yang cukup keras.

8. Cabut charger ketika sudah penuh
poin ini menurut saya sangat penting, tanpa mengabaikan poin-poin lain tentunya, usahakan anda segera melepas baterai laptop ketika proses charge sudah selesai.

Saya rasa sedikit Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Seperti Baru yang bisa saya sampaikan, jika ada hal yang ditanyakan, silahkan bertanya di kolom komentar, atau bisa hubungi fb admin VERDIAN DZIL QURNAINI.

baca juga

Previous
Next Post »
Advertisement