Advertisement

Karya ilmiah Peluang Bisnis "Jasa Servis Komputer"


KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS

"Jasa Servis Komputer"


Karya Ilmiah Peluang bisnis online Google adsense





disusun oleh :

VERDIANSYAH DZIL QURNAINI
14.02.8850
14.D3-MI.04

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2015




I. ABSTRAK

Sudah hampir bisa di pastikan bahwa pada era teknologi ini begitu banyak orang yang memiliki komputer pribadi. Sebagian besar dari mereka adalah Pelajar, Mahasiswa, dan berbagai instansi baik pendidikan pemerintahan maupun perkantoran. Namun sebagian besar dari pengguna komputer tersebut selalu kesulitan dan tidak mampu mencari jalan keluar yang tepat dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kerusakan software / hardware yang dimiliki komputernya. Di mana sebenarnya bagi sebagian masyarakat kerusakan ini tidaklah menjadi masalah yang besar bagi yang bisa dan mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Saat ini teknologi tengah berkembang luarbiasa pesat sehingga membuat masyarakat tidak ngin ketinggalan perkembangan tersebut sama sekali.
karena sudah terbangun mindset ketika mereka Semakin tertinggal,semakin sedikit pula kesempatan untuk memperoleh pendapatan, baik menjadi karyawan, maupun berwirausaha. Sehingga secara tidak langsung perkembangan teknologi yang ada menuntut kita tidak hanya untuk dapat menggunakannya tetapi juga bisa mengalami masalah kerusakan yang mungkin akan muncul akibat dari penggunaan teknologi tersebut, salah satunya adalah komputer yang merupakan bagian perkembangan teknologi pada saat ini.

Saya disini akan memberikan contoh sederhananya, akan saya ambil dari kampus tercinta saya saja STMIK Amikom Yogyakarta, dari total sekitar 10.000 jumlah mahasiswa STMIK Amikom Yogyakarta yang insyaAllah semua mempunyai komputer, rata-rata membutuhkan servis untuk perbaikan dan pemeliharaan komputer lebih dari 20% karena tidak semua mahasiswa mempunyai alat untuk bisa memperbaiki sendiri kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi khususnya pada bagian hardware. Munculnya kebutuhan tersebut dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Karena peluang bisnis ini akan dibutuhkan sampai kapanpun, dan prospek kedepannya semakin bagus seiring bertambahnya jumlah pemilik komputer. Keadaan ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis baru di bidang bisnis komputer, dengan membuka jasa Servis Komputer yang saat ini dibutuhkan sebagian besar masyarakat.


II. ISI

Sebenarnya peluang yang bisa kita manfaatkan dalam kegiatan yang berkaitan dengan servis komputer ini sangatlah besar, melihat banyaknya pangsa pasar yang tersedia, baik dari kalangan mahasiswa sendiri maupun kalangan instansi yang sangat luas, jika kita berani mengambil keputusan untuk terjun dalam dunia ini maka prospek yang kita dapatpun sangatlah baik, akan cenderung meningkat berbanding lurus dengan kebutuhan teknologi pada era modern ini, Memulai bisnis ini sebenarnya memang cukup mudah. Yang kita perlukan pertama kali adalah tempat yang strategis dan ruangan yang tidak terlalu luas, ruangan dengan ukuran 5×6 m mungkin sudah sangat cukup. lalu kita harus melakukan renovasi pada Ruangan tersebut dan kita tempatkan berbagai rak, lemari display kaca yang cukup besar dan tinggi, meja dan kursi, serta peralatan pendukung reparasi lainnya. Selanjutnya kita menyiapkan juga minimal satu komputer dengan spesifikasi yang tinggi yang digunakan sebagai penyimpanan software-software untuk kepentingan servis. Dan untuk menambah display, kita bisa menyediakan berbagai keperluan atau kelengkapan dasar komputer seperti keyboard, mouse, speaker, monitor dll. serta software-software penting yang di kemas dalam kaset-kaset CD untuk lebih menambah kelengakapan dan kemeriahan display yang ada.

setelah semua keperluan dasar untuk mendirikan usaha servis ini erpenuhi, hal selanjutnya yang perlu di lakukan agar bisnis ini dapat dikenal masyarakat luas adalah strategi iklan dan promosi kepada masyarakat. Tidak perlu susah – susah untuk beriklan dan berpromosi, mulai saja dengan yang gratis dan dari yang terdekat contoh nya saja kita bisa memanfaatkan teman, tetangga, rekan kerja, ataupun siapapun yang kita kenal. beriklan juga bisa dilakukan di dunia maya contohnya saja melalui website/blog karena
sekarang ini sebagian besar pengguna komputer sudah mengkoneksikan komputernya dengan internet. Jika semua usaha sudah dilakukan tentunya tinggal menunggu hasil yang diharapkan, nantinya jika usaha yang anda sudah besar bukan lagi anda yang mencari konsumen melainkan konsumen lah yang
berbondong bondong mencari anda.

selanjutnya Untuk menentukan harga service komputer adalah bervariasi, tergantung tingkat kesulitannya. Sebaiknya kita menentukan perkiraannya, dan tentukan pula keuntungan minimal yang bisa kita peroleh per servis. Beritahukan pula kepada konsumen kerusakan apa yang dialami komputernya dan apa saja yang perlu diperbaiki beritahukan juga berapa perkiraan harga yang harus dibayar. Jika dirasa ada yang perlu diganti atau ditambahkan pada komputer konsumen, lebih baik komunikasikan dulu pada konsumen untuk menghindari salah persepsi dan kesalahan penentuan harga.

Peluang bisnis ini membutuhkan keahlian, sehingga mengutamakan pegawai yang benar – benar mengerti Komputer, baik dari segi komponen yang dibutuhkan komputer hingga cara memperbaiki segala kerusakan yang ada. Adapun hambatan yang sering dialami adalah:

  1. Kesalahan dalam memperbaiki yang kadang akan semakin memperparah kerusakan komputer.
  2. Susah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan karena banyak yang lebih mempercayakan servisnya pada orang-orang tertentu yang telah membuka jasa servis lebih awal dari kita.
  3. Susah mencari perangkat dan peralatan serta komponen-komponen tertentu yang dibutuhkan untuk kebutuhan servis.
setelah mengetahui dan memahami hambatan yang mungkin ada di saat menjalankan bisnis ini, maka yang perlu kita lakukan untuk menyikapi hal tersebut adalah melakukan strategi-strategi bisnis agar hambatan yang ada tidak menghalangi usaha kita, adapun strategi-strategi tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Beri pelayanan yang memuaskan pada konsumen.
  2. Promosi dari mulut ke mulut.
  3. Bekerjasama dengan toko penjualan komputer untuk menitipkan brosur
  4. promosi. Diharapkan pembeli komputer mendapatkan informasi juga
  5. tempat reparasi komputer.
  6. Membuat plang nama yang eye catching.
  7. Sediakan kartu nama untuk memudahkan komunikasi.
  8. Jaga kualitas servis.
  9. Utamakan kejujuran. Jangan pernah mengganti perangkat komputer
  10. seseorang dengan perangkat komputer yang berkualitas lebih rendah.
  11. Beri pelayanan yang cepat dan tepat kepada konsumen.
Sebagaimana bisnis reparasi lain, kualitas dan harga menjadi modal penting. Jika pelanggan kurang puas dengan reparasi kita atau harga yang kita berikan terlalu mahal, maka lama kelamaan toko kita tidak akan dikunjungi orang. Sebaiknya kita juga menjual berbagai kebutuhan komputer dengan lengkap, hal ini agar pelanggan bisa mendapatkannya secara cepat dengan konsep one stop shopping. Jika ternyata tempat kita belum mempunyai, kita bisa menyuruhnya menunggu di lain hari dan berusaha mencarikannya.

Tidak ada kesuksesan yang datang secara tiba-tiba, semua perlu pengorbanan juga perjuangan untuk mencapai apa yang menjadi angan-angan dan cita-cita kita, jangan pernah putus semangat, terus berjuang, selalu percaya bahwa kesuksesan itu pasti akan datang suatu hari nanti.

III. REFERENSI

 Pemikiran Sendiri
 Pengalaman teman
 http://www.solusipc.com
 http://bisnisukm.com/peluang-bisnis-jasa-servis-komputer.html

Previous
Next Post »
Advertisement