Advertisement

Sekilas Tentang Teknlogi 4G LTE

Sekilas Tentang Teknlogi 4G LTE

Teknlogi 4G Long Term Evolution atau biasa di kenal dengan sebutan 4G LTE adalah teknologi jaringan internet super cepat generasi ke-empat berbasis Internet Protocol (IP) yang membuat proses transfer data jadi lebih cepat dan stabil,
4G LTE merupakan pengembangan dari teknologi yang sebelumnya sudah ada yaitu 3G dan 2G. sitem teknologi 4G menyediakan jaringan pita ultra lebar untuk berbagai perlengkapan elektronik seperti laptop, tablet dan smartphone yang memungkinkan untuk pengalaman mengakses internet dengan sangat cepat, yang mampu menyentuh 3 kali kecepatan upload atau download dari teknologi 3G yang sebelumnya telah ada.

Teknologi 4G LTE dari swedia yang mulai dikembangkan dari tahun 2009 ini merupakan salah satu teknologi 4G yang di tetapkan menjadi standard teknologi 4G di dunia, LTE mempunyai saingan lain yang juga di rekomendasikan di dunia, yaitu teknologi 4G ViMAX dari korea selatan yang bahkan telah mulai di kembangkan sejak tahun 2006. Sistem 4G ini menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data dan arus multimedia dapat sampai ke tangan pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Teknologi 4G LTE
Teknologi 4G adalah merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan hingga 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan yang tinggi dengan harga yang sangat terjangkau tentunya.

Jaringan Internet super cepat 4G LTE bisa memudahkan para pengguna dalam mengakses beragam aktivitas online secara lebih mudah dan efisien, seperti bermain game online berkualitas tinggi akan semakin lancar dan stabil, download file dan video HD akan lebih cepat, steaming banyak video sekaligus tanpa terputus, download dan upload akan semakin cepat dan masih banyak keutungan lain nya dari teknolgi 4G LTE ini.

selain berbagai kemudahan dan kelebihan yang di berikan oleh teknologi 4G LTE ini, Teknologi ini juga masih mempunyai kelemahan atau kekurangan Kekurangan yang dimiliki oleh teknologi LTE antara lain adalah biaya untuk infrastruktur jaringan baru relatif lebih mahal. Selain itu jika jaringan harus melakukan pembaharuan maka peralatan baru harus diinstal. Selain itu teknologi LTE menggunakan MIMO (Multiple Input Multiple Output), teknologi yang memerlukan antena tambahan pada pancaran pangakalan jaringan untuk transmisi data. Sebagai akibatnya jika terjadi pembaharuan jaringan maka pengguna perlu memebeli mobile device baru guna mengguna infrastruktur jaringan yang baru pula.

Perkembangan Teknologi 4G di Indonesia


Sitra WiMAX
Sitra WiMAX merupakan operator 4G pertama di indonesia yang berbasis WiMAX yang meluncurkan layanan 4G Wireless Broadband pada bulan Juni 2010. Sitra WiMAX adalah bagian dari Lippo Group dan merek dagang terbaru dari PT. Firstmedia Tbk. Sitra WiMAX akan melayani 4G Wireless Broadband pertama di Indonesia di daerah terpadat dan sekaligus memiliki hak izin BWA termahal yaitu di sekitaran daerah khusus ibukota Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Provinsi Banten, Sumatera Utara, dan Provinsi NAD.

Telkomsel 4G LTE
Selama konferensi APEC pada tanggal 1–8 Oktober 2013 di Bali, Telkomsel melakukan percobaan jaringan 4G LTE. Jaringan Telkomsel 4G LTE dioperasikan pada frekuensi 1800 MHz. Sebagai bagian dari program, simcard bermerek "simPATI LTE Trial Edition" dijual di lokasi tersebut. Sekarang, Telkomsel 4G LTE telah melebarkan sayapnya di Jakarta dan Bali. Kartu uSIM card (Kartu perdana pendukung layanan 4G LTE) Telkomsel sekarang tersedia di GraPARI sekitar Jakarta dan Bali.dan pelanggan dapat menukarkan kartu lamanya dengan kartu uSIM tanpa harus berganti nomor baru.

Bolt Super 4G LTE
Bolt Super 4G LTE merupakan merek dagang dari PT. Internux yang menyediakan layanan 4G LTE sejak 14 November 2013. Area layanan yang dijangkau untuk pertama kali untuk jaringan ini adalah daerah khusus ibukota Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dengan potensi pasar sekitar 30 juta orang. Teknologi yang diterapkan adalah Time Division Duplex (TDD-LTE) pada frekuensi 2300 MHz.

XL HotRod 4G LTE
XL Axiata melakukan ujicoba terhadap jaringan 4G LTE di Kota Kasablanka, Central Park, Euphoria Lounge Menara Prima, XL Xplor Senayan City dan Graha XL pada 28 Oktober 2014. Kecepatan internet XL 4G LTE diklaim dapat mencapai 100 Mbps. SIM Card XL khusus 4G LTE dibagikan secara cuma-cuma kepada pengguna yang ingin mengujicoba layanan tersebut. Percobaan ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran logo dan motto baru XL Axiata. Setelah ujicoba, XL akan melebarkan sayap 4G LTE di 5 kota besar di Indonesia.

Indosat Super 4G-LTEIndosat melakukan ujicoba terhadap jaringan 4G LTE di daerah sekitar Monumen Nasional, Jakarta Pusat pada 20 November 2014 dengan menggunakan media BTS di atas Gedung Indosat. Kecepatan internet Indosat Super 4G-LTE diklaim dapat mencapai 185 Mbps untuk download dan 41 Mbps untuk upload. SIM Card Indosat Super 4G-LTE disediakan di sekitar area Monumen Nasional. Ujicoba ini dilakukan bersamaan dengan Ulang tahun Indosat yang ke 47. Setelah diujicoba, Indosat akan melebarkan sayap 4G LTE di 23 kota lainnya di indonesia.

Smartfren 4G LTE
Smartfren menargetkan tahun ini jumlah BTS bertambah dari 6.000 menjadi 10.000. Untuk jaringan, Smartfren menggandeng vendor Nokia dan ZTE. Pembagian pengerjaannya, sisi barat akan digarap oleh Nokia, sementara sisi timur ZTE.Saat ini, rencana penerapan 4G Smartfren masih dalam tahap pemasangan infrastruktur. Diprediksikan paling cepat di semester kedua tahun ini sudah siap bermigrasi.


berikut adalah sebuah video singkat dari salah satu penyedia jaringan 4G di indonesia yaitu TELKOMSEL yang menjelaskan bagaimana teknologi 4G mempermudah hidup kita


Demikian Informasi tentang Teknologi 4G LTE di indonesia, sekian dari saya, semoga info yang kami berikan bisa bermanfaat, jika ada pertanyaan mengenai artikel ini, atau semua hal yang ada di Blog ini, silahkan bertanya di kolom komentar atau bisa langsung menghubungi admin, Banzaiiii

Previous
Next Post »
Advertisement