Advertisement

Galaxy Note 7 Meledak Sebabkan 26 Orang Luka bakar di Amerika

Galaxy Note 7 Meledak - Kabar mengejutkan datang dari Salah satu pabrikan Smartphone Terkenal dunia yaitu Samsung, Samsung secara resmi melakukan penarikan terhadap 1 juta unit Galaxy Note 7 di pasar Amerika Serikat yang dibarengi dengan pengumuman dari regulator perlindungan konsumen setempat, bahwa ada 92 laporan masalah panas berlebih pada baterai, termasuk 26 laporan luka bakar dan 55 kasus kerusakan properti karena Galaxy Note 7.


Galaxy Note 7 Meledak Sebabkan 26 Orang Luka bakar di Amerika


Penarikan atau Recall Galaxy Note 7 dari pasar Amerika Serikat dilakukan Samsung bekerjasama dengan Komisi Keamanan Produk Konsumen AS (Consumer Product Safety Commission/CPSC). Selanjutnya Samsung akan mengganti dalam bentuk uang atau menukar dengan ponsel pintar model lain, menurut laporan Reuters.

CPSC sendiri meminta konsumen untuk segera mematikan dan berhenti menggunakan Galaxy Note 7. 

"Keselamatan konsumen selalu menjadi prioritas utama kami," ujar Tim Baxter, Presiden Samsung Electronics America, seperti dikutip CNet. "Kolaborasi kami dengan CPSC untuk jalur cepat penarikan sukarela di AS membahas masalah keamanan dengan memastikan konsumen bisa menukar Galaxy Note 7 miliknya dengan cepat."

Penarikan produk dari pasar menjadi pukulan besar bagi Samsung karena sejatinya Galaxy Note 7 dirancang untuk menandingi Apple iPhone 7 Plus.


Penarikan produk dari pasar atau recall, merupakan hal yang biasa terjadi dan pernah dialami pula oleh produsen ponsel besar macam Apple dan Nokia di masa lalu.

Sebelum ada keputusan ini, Samsung telah menjual 2,5 juta unit Galaxy Note 7 di 10 negara.

Ponsel itu terpaksa ditarik dan dihentikan penjualannya karena terjadi masalah manufaktur baterai yang menyebabkan baterai rentan mengalami panas berlebih, lalu meledak. Penarikan ini merupakan skala terbesar yang pernah dialami Samsung.

Strategy Analytics memprediksi biaya gabungan untuk recall dan penjualan yang hilang dari Galaxy Note 7 akan memangkas US$5 miliar atau Rp66 triliun dari pendapatan Samsung tahun ini.

CNN Indonesia
Previous
Next Post »
Advertisement