Advertisement

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Paling Mudah 2019

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api - setelah sekian lama menunggu waktu liburan, akhirnya hari libur pun datang, sebagian dari kita yang sudah merencanakan perjalanan liburan jauh-jauh hari pun pastinya akan sangat gembira. melakukan perjalan dengan kereta api merupakan salah satu alternatif transportasi liburan yang bisa kita gunakan.

pembatalan tiket kereta api
pembatalan tiket kereta api


Namun, rencana tinggalah rencana, ternyata karena satu dan lain hal, salah satu temanmu mendadak membatalkan perjalanan. Padahal, semua tiket kereta sudah terlanjur dibeli. Duh, mimpi buruk banget, nih. Mau nggak mau, kamu harus segera mencari cara refund tiket kereta api.

Memang bener, Bepergian ke luar kota dengan menggunakan kereta, entah untuk liburan atau perjalanan bisnis, memang sungguh menyenangkan. Selain praktis dan cepat, naik kereta juga sekarang jauh lebih nyaman. Namun, kalau mendadak harus batal pergi, tentunya kamu harus melakukan pembatalan tiket kereta api. Nah, kamu udah tahu belum cara pembatalan tiket kereta api yang bisa membuatmu mendapatkan refund tiket kereta?

Yuk, simak gimana cara cancel tiket kereta api plus cara refund tiket kereta api

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api & Cara Refund Tiket Kereta Api

Buat kamu yang penasaran cara pembatalan tiket kereta & cara refund tiket, simak langkah-langkah berikut.

1. Mendatangi Stasiun Kereta
Kamu harus mendatangi stasiun pembatalan tiket kereta api.

Sobat pastinya udah tahu dong kalau beli tiket kereta api online memang bisa di mana saja. Tentu saja, salah satu cara termudah untuk pesan tiket kereta api online adalah melaui online travel agent (OTA) yang terpercaya seperti tripcetera.com

Meskipun demikian, Sobat perlu tahu bahwa setiap proses pembatalan tiket kereta api dan cara refund tiket kereta api, semuanya hanya bisa dilakukan secara langsung lewat PT KAI.

Artinya, kamu harus mendatangi langsung stasiun untuk mengajukan pembatalan tiket kereta api atau refund. Beberapa syarat pembatalan tiket kereta api yang perlu kamu siapkan sebelum datang ke stasiun pembatalan tiket adalah booking ID, identitas asli, dan fotokopi identitas tersebut.

Ingat ya, Pihak yang harus mengurus cara membatalkan tiket kereta api adalah pemilik tiket sendiri. Kalau kamu kebetulan nggak bisa datang ke stasiun karena suatu sebab, kamu bisa meminta tolong teman atau saudaramu yang terpercaya buat mengurusnya. Jangan lupa, sertakan surat kuasa pembatalan tiket kereta api yang bertanda tangan di atas materai.

Perlu kamu catat lagi, nggak semua stasiun melayani pengajuan pembatalan tiket kereta api. Berikut ini adalah daftar stasiun yang melayani pembatalan tiket kereta api, yaitu:

DAOP 1 Jakarta: Stasiun Jakartakota, Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bogor, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikampek, Stasiun Serang, Stasiun Rangkasbitung.

DAOP 2 Bandung: Stasiun Bandung, Stasiun Purwakarta, Stasiun Banjar, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Kiaracondong.

DAOP 3 Cirebon: Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Brebes, Stasiun Jatibarang.

DAOP 4 Semarang: Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Cepu, Stasiun Semarangponcol. Stasiun Semarangtawang, Stasiun Bojonegoro.

DAOP 5 Purwokerto: Stasiun Purwokerto, Stasiun Cilacap, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo.

DAOP 6 Yogyakarta: Stasiun Yogyakarta (Stasiun Tugu), Stasiun Lempuyangan, Stasiun Solo Balapan.

DAOP 7 Madiun: Stasiun Madiun, Stasun Kediri, Stasiun Jombang, Stasiun Kertosono.

DAOP 8 Surabaya: Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Malang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Blitar.

DAOP 9 Jember: Stasiun Jember, Stasiun Probolinggo, Stasiun Pasuruan, Stasiun Banyuwangi Baru, Stasiun Kalibaru, Stasiun Jember, Stasiun Probolinggo, dan Stasiun Pasuruan.

DIVRE I Sumatera Utara: Stasiun Medan, Stasiun Tebingtinggi, Stasiun Siantar, Stasiun Tanjung Balai, Stasiun Kisaran Ranntauprapat.

DIVRE II Sumatera Barat: Stasiun Padang

DIVRE III Sumatera Selatan: Stasiun Prabumulih, Stasiun Kertapati, Stasiun Lubuklinggau, Stasiun Baturaja, Stasiun Tanjungkarang, dan Stasiun Kotabumi.

2. Lengkapi Data Penumpang
Lengkapi data penumpang yang diberikan oleh Customer Service.

Ini adalah langkah ke-2 dalam cara pembatalan tiket kereta api. Setelah sampai ke stasiun pembatalan tiket kereta api, kamu harus bertanya dulu pada Customer Service yang tersedia di stasiun pembatalan tiket kereta api tersebut, karena nggak semua loket di stasiun melayani pembatalan tiket.

Nantinya, oleh Customer Service kamu akan diberikan formulir pembatalan tiket kereta api & diarahkan ke loket khusus untuk mengajukan pembatalan tiket kereta api. Jadi, jangan malu buat bertanya dulu pada Customer Service di stasiun pembatalan tiket kereta api agar syarat pembatalan tiket kereta apimu lengkap.

Lengkapi data penumpang dengan mengisi formulir pembatalan tiket kereta api. Formulir pembatalan tiket kereta api ini terdiri dari dua rangkap formulir, yang satu adalah data tiket, sedangkan yang rangkap satunya adalah data penumpang. Formulir ini adalah syarat pembatalan tiket kereta api yang harus kamu isi secara lengkap, Sobat Tiket. Kalau kamu masih bingung dengan cara pembatalan tiket kereta api step ke-2 ini, kamu bisa bertanya langsung pada Customer Service di stasiun. Mereka akan dengan senang hati menjelaskan cara pembatalan tiket kereta api tahap ke-2 ini padamu.

3. Mendatangi Loket untuk Refund
Datangi loket di stasiun dan sampaikan bahwa kamu ingin mengajukan refund.

Nah, kamu harus memerhatikan cara refund tiket kereta. Bener kan, kalau melakukan pembatalan, tentu kamu juga menginginkan untuk mendapatkan refund. Cara refund tiket kereta api adalah dengan mendatangi loket stasiun yang diinformasikan oleh Customer Service di tahap cara pembatalan tiket kereta api yang ke-2,

Kamu akan diberi pilihan untuk memilih cara refund tiket kereta menggunakan metode transfer bank atau tunai. Refund ini akan diberikan padamu setelah 30×24 jam sejak pengurusan pembatalan tiket, dengan cara kamu membawa formulir yang telah divalidasi dan membawa bukti identitasmu. Ingat ya, Sobat Tiket, kalau formulir pembatalan tiket kereta apimu hilang saat mengambil refund, kamu harus menyertakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

4. Terima Refund
Setelah semuanya beres, kamu bisa menerima refund.

Ini cara pembatalan tiket kereta api yang terakhir dan pastinya kamu tunggu-tunggu. Benar kan?

Setelah 30×24 jam, saatnya kamu buat menerima refund tiket kereta api yang kamu kembalikan.

Perlu kamu catat, nih. Sama seperti saat kamu memesan tiket pesawat, saat melakukan pengajuan refund karena pembatalan tiket kereta api, jumlah refund yang kamu dapatkan pastinya tidak full 100% kembali. Nilai refund ditentukan sesuai dengan waktu pengajuan pembatalan tiket kereta api yang kamu ajukan. Biasanya, kamu akan mendapatkan pengembalian atau refund sebesar 75%.

Nah, jika kalian bertanya kapan paling lambat mengajukan permohonan pembatalan tiket kereta apa, jawabannya adalah 30 menit. Betul, untuk melakukan pembatalan tiket kereta yang kamu pesan, harus dilakukan paling lambat 30 menit sebelum waktu keberangkatan terjadwal untuk perjalanan keretamu. Kalau kamu melakukan pembatalan lebih lambat dari itu, maka tiket yang kamu pesan akan dinyatakan hangus.

Nah, beres deh cara pembatalan tiket kereta api dan cara refund tiket kereta api yang harus kamu ketahui.

Gimana, Sobat? Itu 4 step cara pembatalan tiket kereta api. Mudah banget kan cara pembatalkan tiket kereta api di atas? Cara refund tiket kereta juga nggak susah, kok. PT KAI kooperatif banget buat melayani kamu yang butuh mengurus cara pembatalan tiket kereta api.

Untuk perjalan travel kamu selanjutnya, kamu bisa menggunakan tripcetera.com untuk menikmati berbagai service dan layanan perjalanan, seperti pemesanan hotel online, sewa mobil, promo paket travel dan masih banyak lagi, tunggu apa lagi, langsung saja ke tripcetera.com untuk perjalan anda selanjutnya
Previous
Next Post »
Advertisement